Main Ice Skating di GardenIce Rink Paris Van Java

I was her she was me
We were one we were free
And if there's somebody calling me on
She's the one
If there's somebody calling me on
She's the one

Tahu gak lirik lagi di atas? Judulnya She's The One  yang dinyanyikan oleh Robbie Williams. Saya masih ingat betul dari pertama lagu tersebut keluar sampai saat ini. Bukan karena lirik lagunya sih, tapi saya suka dengan video clip yang menampilkan atlet ice skating yang sedang berlatih untuk perlombaan musim dingin.



Dulu rasanya pingin sekali nyobain main ice skating, tapi ya gak mungkin di Jakarta belum ada arena macam itu. Sekalinya ada agak jauh di Taman Anggrek. Akhirnya kesampaian bisa nyobain main ice skating waktu buka di Mal Summarecon Bekasi. Meskipun arenanya kecil tapi bisalah mengobati rasa penasaran saya. Sayangnya main di sana dikasih waktu, hanya 30 menit saja, kalau mau lebih harus membayar tiket masuk lagi.

Nah, saya dapat informasi kalau mau main ice skating sepuas-puasnya itu di Paris Van Java, Bandung. Eh ternyata bener banget di sana bisa main sepuasnya, dan anak-anak pun senang sekali. Makanya anak-anak jadi ketagihan main di sana.

Bagi orang Bandung pastinya sudah gak asing lagi dengan Paris Van Java atau biasa disebut PVJ. Letaknya di jalan Sukajadi, Kota Bandung. Menurut saya malnya unik sekali, selain ada toko-toko branded juga ada arena ice skating di sana juga ada mini zoo, air terjun buatan dan banyak pohon-pohon hijau nan asri.

GardenIce Rink Paris Van Java

Gardenice Rink yang mempunyai arena ice seluas 800 m2 letaknya ada di Sky Level 8 PVJ. Siapa sangka di Indonesia yang gak punya musim salju tapi bisa juga masyarakatnya bermain ice seperti ini. 

Waktu pertama kali ke sini anak-anak saking senengnya bisa main sepuasnya sampai jam 8 malam belum mau selesai mainnya. Kalau lapar bisa beli makanan yang dijual di cafetaria atau boleh keluar dulu untuk mencari makanan di mall, karena pengunjung menggunakan gelang sebagai tanda dan boleh keluar masuk sesukanya yang penting masih di hari yang sama.

Harga tiket masuk :
  • Rp80,000 weekday
  • Rp100,000 weekend
  • Rp120,000 Hari Libur Nasional (kalau gak salah)
  • Rp50,000 untuk pengantar yang tidak main ice skating

Jam Buka :
  • Weekeday 10.00-22.00
  • Weekend 10.00-23.00

Lagi enak-enaknya main, tiba-tiba pengnjung di minta keluar dari arena es terlebih dahulu. Ternyata sedang dilakukan perawatan lapisan es selama 15-30 menit. Biasanya perawatan dilakukan pada jam 13.00, 16.00 dan 19.00 WIB. Tenang aja gak lama kok  itu, karena waktunya bisa dimanfaatkan untuk beristirahat dan makan atau minum.



Kalau belum lancar main ice skating-nya, bisa menyewa pelatih per 30 menit. Pascal sempat menggunakan  coach dengan biaya 70-80 ribu rupiah tergantung hari libur atau bukan. Maksudnya sih supaya mendapatkan teknik bermain ice skating dengan benar. Kalau Alvin gak mau pakai coach katanya lihat Aa aja nanti juga bisa. Eh bener banget lama-lama dia pun bisa meluncur sendiri, jadi ngirit kan hihihi. Gak usah khawatir juga di area ice skating ada Ice Guard yang siap membantu dan berjaga-jaga jika diperlukan. Waktu itu suami sempat salah menalikan sepatunya, di dalam arena langsung diperbaiki oleh Ice Guard.


Yang Harus Disiapkan Sebelum Main Ice Skating



Namanya juga main di arena ice pastinya udaranya dingin, makanya jangan lupa untuk membawa jaket ya, baik bagi pengantar maupun pemain.

Peralatan wajib lainnya yang harus disiapkan adalah kaos kaki dan sarung tangan. Kalau mau irit bawa aja dari rumah jadi gak perlu membeli lagi di lokasi. Pertama kali main kami gak ada persiapan jadi harus membeli semua perlengkapannya masing-masing seharga 15-20 ribu rupiah. Biar gak rugi saya bawa pulang buat jaga-jaga main ke sana lagi :)

Di sana disediakan loker untuk menyimpan barang-barang supaya aman saat bermain ice skating. Tapi, biasanya kami tidak menyewa kalau yang bermain hanya anak-anak saja. Tas dan perlengkapan lain bisa di simpan saja di kursi yang sudah disediakan. Karena harus menggunakan sepatu khusus, maka sepatu milik pribadi harus disimpan di rak sepatu yang ada di ruang tunggu. Allhamdulillah sejauh ini aman kok, saya melihat berbagai sepatu bermerek disimpan di sana seperti adidas dan lain-lain.



Buat penunggu yang ikut masuk, bawa makanan dan minuman juga diperbolehkan kok. Sebenarnya tiket masuknya sudah termasuk 1 botol air mineral, tapi saya terbiasa membawa minuman hangat tambahan untuk menghangatkan tubuh anak-anak. Pokoknya jangan sampai perut mereka kosong terlalu lama ngeri masuk angin (emak parno).

Sementara anak-anak bermain di dalam, saya dan suami keliling mall sambil melihat-lihat suasana. Unik banget memang PVJ di atas gedung aja ada air terjun segala kaya foto di bawah ini.




Teman-teman suka juga gak main ice skating? Ternyata main ice skating bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan tubuh dan fleksibilitas sendi serta banyak manfaat lainnya untuk kesehatan yang penting punya keberanian dan kemauan untuk mencobanya. Selamat berseluncur di es ya.

31 comments

  1. Asik banget dong main ice skating sepuasnya apalagi buat yang bisa main ice skating, anak2nya mba sepertinya jago semua deh

    ReplyDelete
  2. Bo loves ice-skating but Nadine is smart. Well it’s not for me either although I like to go to the rink

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau di New York pasti banyak tempat ice skating gini ya mbak

      Delete
  3. Impian aku banget untuk bisa meluncur di arena ice skating dengan lincah dan elegan. Tapi itulah, belum kesampean juga sampai sekarang. Padahal keknya seru banget bisa meluncur bebas kek penari ice skating sampe kemimpi-mimpi hahaha. Nunggu kesempatan datang di Jakarta yg deketan

    ReplyDelete
  4. Sama dooong, bund. Ujame juga suka Ice Skating meskipun selalu jatoh, tapi gak kapok hahaha.
    Kurang lebihnya sama seperti Ice Skating yang ada di Mall Taman Anggrek, Jakarta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul sama, ini sih modus aku aja ke Bandung hehehe

      Delete
  5. Anakku suka nih mba kalau main ice skating disini, mba. Harganya juga oke standar ga terlalu mahal ya mba. Luas banget ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak harga standar & bisa main sepuasnya juga

      Delete
  6. Hi hi, baru tahu di PVJ ada arena ski es, asyik da dekat. Entah kapan bisa ke sana. Pengen juga tuh, cuma tak tahu jalur angkot dari Stasiun Bandung ke Sukajadi, Harus tanya teman. Saya tahunya BIP dan Transmart saja karena dulu tinggal di wilayah Bandung Tengah. Pengen nonton saja, gak berani main. Entah Palung. Sering-sering ke PVJ, ya, Mbak agar anak-anak puas mainnya. Bandung mah unik dan masih murah.

    ReplyDelete
  7. Dulu di Balikpapan sempat ada arena ice skating.
    Namun karena mahal, dan sedikit peminat kayaknya pengelola tak kuat, akhirnya ditutup deh.
    Sampai sekarang belum ada lagi.

    Sama kayak Mba Donna, impian aku banget nih, main ice skating.
    Tapi kayaknya kudu jadi penonton sajalah dulu... :D

    ReplyDelete
  8. Belum pernah main ice scating nih Mbak, tapi bisa bayangkan deh serunyaa. Dan pastinya Aa dan Adek puas banget yaaa bisa seseruan gitu. :)
    Mamanya kenapa gitu gak ikut seluncuran juga?hihiih

    ReplyDelete
  9. Aku sampai segede ini kalau liat orang ice skating seneng. Tapi kl nyoba sendiri ga berani. Males kl jatuh atau terkilir, hihihi.

    ReplyDelete
  10. ah serunya main ice skating~
    aku dulu sempet kerja di dekat PVJ. kadang pulang kantor main ke PVJ, suka mupeng sendiri liat yang main di atas es gitu. pengen deh cobain ice skating, tapi ga berani xD
    ga ada yang mau diajakin juga sih waktu itu, hihi..

    ReplyDelete
  11. Keseimbangan memang sangat diperlukan ya mba, khususnya buat anak-anak agar mereka lebih belajar mandiri dan juga berani menghadapi tantangan.. ice skating gini pernah sekali kami lakukan di daerah jakarta barat mba.. namun karena jauh dari rumah kami ya jadi jarang kesana lagi.. huhu kembali diingatkan dengan olahraga ini

    ReplyDelete
  12. Eh...Ice Skating di PPJ (urang Sunda yang ngomong, ceritanya...) ada lagi yaa...kak Lid?
    Aku baru tau...
    Karena beberapa waktu yang lalu, lagi di renov gitu.

    Aku kira ganti wisata burung, ternak dan roof-garden.
    Asyiiknyaa...

    Aku juga mau aah...main ice skating.
    Biar kaya di drama Full-house.
    Rain sama SHK gittuuu....ahhaii~

    ReplyDelete
  13. Waahh pengin dong main ice skating, di sini tapi nggak ada. Kalau anak2 sih dijamin ga bakalan mau berhenti ya mainan ice skating.

    ReplyDelete
  14. Oh PVJ ini mall? :D
    Asyeeek bisa main sepuasnya. Tapi aku cemen wkwkwk. Tapi emak cemen seperti aku juga pengen sih ngajak anak main ice skating. Ada instrukturnya kan yang bisa ngajarin? hehe
    Biar kata emaknya gk bisa, anaknya kudu bisa hahaha. Makasih infonya mbak.

    ReplyDelete
  15. Baru tahu kalau di PVJ ada Ice Skating harganya cukup terjangkau hum weekend naik harganya yahh pengen nyoba ah

    ReplyDelete
  16. Aduuuh, seru banget Mba Li. Lebaran kemarin itu aku sebenernya diajak sama kakak ipar buat rame-rame main ice skating di Jakarta. Tapi kok yaa waktunya nggak cocok mulu. Semoga lebaran besok jadi deh, ntah di Jakarta maupun Bandung. Nggak sabar liat muka exited anak-anak, hihi.
    Udah gitu kata kakakku anak-anak cepet kok bisanya <3

    ReplyDelete
  17. Waduh, kalah nih yang orang Bandungnya sendiri belom pernah main ke sini. Malah baru tahu. Nanti kudu nyoba nih anak-anak kalo main ke sana. Kayaknya seru banget. :D

    ReplyDelete
  18. Wahhh kerennya bisa main ice skating, tapi kayaknya saya gak bakalan berani deh, takut jatuh kepeleset, hehehe

    ReplyDelete
  19. Lihat yang main ice skating gini langsung teringat adegan-adegan di drama korea deh. Adegan yang paling memorable itu saat Lee Min Ho ngajak Jun Ji Hyun main ice skating di drama legend of The Blue Sea :)

    ReplyDelete
  20. Huwaaa asiknya langsung kebayang Jepang pas nonton youtube Rafi hehehhe
    Ice skating nggak pernah aku main. Penasaran tapi pasti ak jatuh melulu

    ReplyDelete
  21. Belum pernah coba mbak, pengen juga sih rasain gimana serunya main ice skating tapi keburu was was duluan, hehe

    ReplyDelete
  22. Asyiiik banget bisa main ice skating. Tapi, tiketnya kok ya lumayan ya. Hihi. Untuk mengobati rasa penasaran, sesekali, nggak papa lah ya.

    ReplyDelete
  23. Seruuuu bangeett ya mba. Aku tuh suka iri gitu sama mba lidya jalan jalan mulu. Hehehe

    ReplyDelete
  24. Belum pernah main anak-anakku mba, baru main sepatu roda saja. Lumayan ya harganya tapi untuk menambah waeadan baru anak kenapa tidak

    ReplyDelete
  25. Mainan masa kecil dan masa remaja aku mulai dari sepatu roda, lalu pindah roller blade, dan sempat juga ngicip main skating pas baru-baru nikah. Tapi udah lama banget ini nggak pernah main lagi. Kapan itu sempat iseng mau main di BxChange Bintaro, eh jatuh. Kata Pewe, akunya sekarang udah gendut, jadinya keseimbangannya kurang... hahaha

    ReplyDelete
  26. wah seru banget sepertinya ya kak, mereka anak anak bisa bermain ice skating dengan bahagia, jadi pengen banget bisa kesana bersama keluarga tercinta ;)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan komennya. Mohon maaf kolo komentar saya moderasi